2018, Markas Polda Sulteng Pindah ke Tondo

- Periklanan -

Inilah kantor baru Markas Polda Sulteng yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Tondo, Kota Palu. (Foto: Agung Sumandjaya)

PALU – Direncanakan gedung baru Mapolda Sulteng yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Tondo, bakal difungsikan seluruhnya pada 2018 mendatang. Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Rudy Sufahriadi, juga menegaskan, jika permasalahan terkait sengketa lahan di markas baru tersebut telah selesai.

Kepada wartawan, Rudy menegaskan, pihak Polda Sulteng melalui dirinya secara resmi telah menerima penyerahan hak atas tanah tersebut dari pemegang izin pemanfaatan lahan sebelumnya, yakni PT Sinar Putra Murni (SPM). Penyerahan ini punm disaksikan langsung oleh pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN). “Pak Joko (pemegang izin) sudah menyerahkan tanahnya kepada saya, di depan BPN,” ungkap Rudy.

- Periklanan -

Saat ini lanjut dia, proses sertifikat atas lahan seluas 15 hektar tersebut, sedang berjalan. Dalam waktu dekat pun, dari informasi BPN, sertifikat lahan atas nama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga akan segera terbit. Selagi proses pembuatan sertifikat berjalan, pihak Polda sendiri telah menempati gedung baru itu, meski hanya beberapa satuan atau direktorat saja. “Untuk penempatan sebagian satuan kami sudah di sana, tapi untuk seluruhnya kita menunggu untuk membangun lagi. Mudah-mudahan tahun depan seluruhnya sudah bisa kita tempati,” terang Kapolda.

Disinggung gedung lama yang ada di Jalan Sam Ratulangi, Kapolda mengaku, masih akan melakukan evaluasi bersama jajarannya, untuk menentukan satuan apa yang nantinya tetap menempati kantor tersebut. Sebelumnya pada April lalu, pihak BPN Pusat, PT SPM serta Polda Sulteng telah melakukan rapat koordinasi, terkait penyelesaian sengketa lahan tersebut.

Dalam rapat koordinasi ini, disepakati bahwa lahan dengan luas 15 hektar itu akan diserahkan oleh PT SPM kepada Polri dalam hal ini Polda Sulawesi Tengah. Di atas lahan itu, saat ini telah berdiri bangunan gedung utama Mapolda Sulteng, gudang barang bukti, serta rumah susun (Rusun) untuk personel Polda Sulteng. (agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.