201 Calon PPK Dinyatakan Lolos Seleksi Administrasi

- Periklanan -

PALU – Dalam tahapan seleksi penerimaan panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, sebanyak 201 calon PPK dinyatakan lolos pada tahap seleksi administrasi. Jika tidak ada aral melintang, calon PPK yang dinyatakan lolos tersebut bakal mengikuti ujian tertulis di Kampus IAIN Palu, Kamis (30/1/2020).
Sekadar diketahui bahwa penerimaan PPK ini dipersiapkan untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) tahun 2020.
Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid menjelaskan, tahapan selanjutnya adalah seleksi tertulis yang akan digelar Kamis (30/1/2020). Sebanyak 201 dari 234 pelamar calon PPK dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dalam timeline, pengumuman hasil penelitian administrasi dilaksanakan 27 sampai 29 Januari 2020.
Dalam kegiatan seleksi ujian tertulis calon PPK, pihak KPU Kota Palu menggandeng kerjasama dengan kampus IAIN Palu. Seleksi ini rencananya pula dilaksanakan di Kampus IAIN Palu.
“Persiapannya sudah dikomunikasikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kota Palu, Risvirenol langsung ke Plh. Rektor pak Abidin Djafar,” terang Agussalim.
Dia menjelaskan seleksi tertulis calon PPK berisi materi terkait pengetahuan tentang pemilihan. Yang mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan pasangan calon perseorangan dan teknis pemungutan suara. Kemudian materi terkait perhitungan perolehan suara, rekapitulasi perhitungan perolehan suara serta pengetahuan kewilayahaan. “Ujian tulis yang disiapkan dalam bentuk multiple choice yang dikerjakan kurang lebih 120 menit,” katanya.
Untuk hasil seleksi tertulis lanjutnya akan diumumkan pada 3 sampai 5 Februari 2020. Proses ini dilakukan bersamaan dengan sesi pemberian tanggapan masyarakat yang dimulai 28 Januari sampai 5 Februari 2020. Hasil seleksi tertulis ini nantinya akan dipadukan dengan tanggapan masyarakat.
“Olehnya dalam seleksi tertulis, kami belum menggugurkan peserta. Karena bisa jadi ada yang hasil tertulisnya baik namun mendapat tanggapan negatif masyarakat. Sebab seleksi ini juga mempertimbangkan integritas,” katanya. (who)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.