2.700 Nelayan Donggala Diasuransikan

- Periklanan -

Ilustrasi (jpnn)

DONGGALA – Sedikitnya sudah ada 2700 orang nelayan yang telah diasuransikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala diakhir tahun 2016, Selasa (3/12). Pemberian asuransi kepada nelayan tersebut melebihi dari target sebelumnya yang hanya 2000 orang nelayan saja.

Hal itu diungkapkan, Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa SH. Kata dia mulai akhir tahun kemarin Pemkab telah bekerja sama dengan salah satu asuransi untuk menjamin keselamatan para nelayan sendiri. Jumlah tersebut kata Kasman menjadi yang terbesar di Sulteng. “Karena memang daerah kita adalah daerah laut, jadi sangat banyak juga warga yang bekerja sebagai nelayan,” ujarnya.

- Periklanan -

Menurut Kasman, para nelayan memiliki hak yang sama dengan warga negara Indonesia lainnya untuk diperhatikan nasibnya oleh pemerintah. Sebanyak  2700 nelayan tersebut, memang sudah tredaftar pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Donggala. Sementara, masih ada puluhan ribu lagi nelayan belum terdaftar. “Total keseluruhan ada sekitar 78 ribu orang nelayan berada di Kabupaten Donggala,” ungkap Kasman.

Pemberian asuransi itu jelas Kasman, dilatari oleh rasa keprihatinan yang mendalam setelah dirinya melihat langsung kondisi warganya yang berprofesi nelayan, yang kehidupannya masih berada di bawah garis kemiskinan.

Oleh karena itu tambah Kasman, Pemkab tak tinggal diam melihat hal itu. Secara bertahap pemkab akan terus berupaya meningkatkan taraf hidup nelayan di Donggala. “Di dua tahun terakhir ini kita sudah membuat program khusus untuk para nelayan, mulai dari pembagian sarana penangkap ikan dan pemberian asuransi. Hal ini tak lain kita lakukan untuk mensejahterakan para nelayan sendiri sesuai dengan visi misi Pemkab Donggala saat ini,” tandasnya.(ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.