Cegah Calo, Bayar ONH Bisa di Loket Bank Kemenag Palu

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU – Bagi masyarakat yang membayar ongkos naik haji (ONH) makin dipermudah. Demikian itu dengan adanya pelayanan haji satu atap di halaman kantor Kemenag Kota Palu, Jalan Bantilan, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat. Pelayanan haji satu atap ini dimaksudkan agar masyarakat tidak perlu lagi mengantre di bank untuk membayar ONH.

“Rencananya, ada 3 bank yang akan kami ajak kerja sama. Semuanya harus perbankan syariah,” ujar Kepala Kemenag Kota Palu, Drs H Ma’sum Rumi MM kepada Radar Sulteng baru-baru ini.

- Periklanan -

Untuk saat ini, pihak Kemenag baru bekerja sama dengan Bank Muamalat dan setiap hari kerja membuka layanan di stand yang ada di halaman kantor Kemenag Kota Palu. Sementara untuk perbankan lain, Ma’sum mengungkapkan masih dalam tahap membangun kerja sama. “Kami juga akan kerja sama dengan BNI Syariah dan Mandiri Syariah,” ungkapnya.

Hal tersebut menurut Ma’sum tidak lain agar masyarakat yang ingin mendaftar sebagai calon jamaah haji bisa langsung membayar di kantor Kemenag Kota Palu.

Sementara itu, Kepala Seksie Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kemenag Kota Palu, Abd Mun’im Godal mengungkapkan berdasarkan pengakuan jamaah-jamaah beberapa tahun yang lalu, ada calon jamaah haji yang dimanfaatkan oleh calo-calo yang berdalih ingin membantu membayarkan ONH jamaah ke bank. Namun malah meminta biaya yang lebih kepada para jamaah. Menyikapi hal tersebut makanya pihaknya berupaya menerapkan pelayanan haji satu atap.

Terkait biaya ONH, Mun’im mengungkapkan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. “Setoran awalnya Rp25 Juta. Disetor jika semua berkasnya untuk pendaftaran haji lengkap,” pungkas Mun’im. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.