Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

12 Saksi Dihadirkan di Sidang Andi Rifai

Dugaan Korupsi Pengadaan Alat Tangkap Ikan di DKP Poso

PALU – Di hari pertama kembali aktif bekerja, setelah cuti bersama memperingati hari raya Idul Fitri 1440 Hijariah Senin (10/6), beberapa hakim di Pengadilan Negeri (PN) Klas IA/PHI/Tipikor Palu telah menggelar beberapa persidang perkara khusus.

Salah satu diantaranya sidang perkara dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan bantuan alat tangkap ikan untuk nelayan, yang terjadi pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Poso Tahun 2016 silam. Perkara tipikor ini, menjerat dua orang terdakwa yang diperiksa dengan dua berkas perkara terpisah.

Kedua terdakwa itu, mantan Kepala Dinas Kelautan, Perikanan (DKP) Kabupaten Poso, Ir. Andi Rifai MSi, dan terdakwa mantan Kabid Perikanan Tangkap DKP Poso, Sartiman Mbeo SH. Agenda sidang lanjutan perkara tipikor yang dipimpin ketua majelis hakim I Made Sukanada SH MH saat itu adalah pemeriksaan saksi-saksi.

Proses sidang pemeriksaan saksi saat itu berjalan lancar. Jaksa penutut umum (JPU) Andi Suharto SH, menghadirkan 12 orang saksi untuk dimintai keterangannya. Ke dua belas saksi dimintai keterangan satu persatu oleh majelis hakim penuntut umum, maupun dari kuasa hukum pada terdakwa, sekaitan apa yang mereka ketahui dalam dugaan tindak pidana korupsi yang melilit terdakwa Andi Rifai dan terdakwa Sartiman Mbeo.
Selain ke 12 saksi ini, masih ada sejumlah saksi lagi yang akan diperiksa pada sidang selanjutnya. Majelis hakim I Made Sukanada SH. MH, menunda sidang lanjutan perkara itu hingga Senin pekan mendatang.
Mengenai jalannya pelayanan dihari pertama kerja di Pengadilan Negeri Palu tersebut, selain proses sidang, pelayanan di bagian lain juga terlihat berjalan seperti biasanya. Beberapa staf di bagian pelayanan satu pintu pada pengadilan ini telah menerima beberapa pengunjung dengan berbagai keperluan, seperti mendaftarkan perkara, konsultasi, hingga menanyakan jadwal persidangan.

“Alhamdulillah di hari pertama kerja ini, aktifitas telah berjalan seperti biasa. Baik di bagian pelayanan, maupun di ruang persidangan,” tutup Humas PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu Lilik Sugihartono SH. (cdy)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.